Minggu, 22 Juli 2012

WASPADA

Kejadian 3:1-7, 22-24

 

“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

( Matius 26:41 )


Adalah suatu ironi yang sangat menyedihkan, bahwa awal kejatuhan manusia ke dalam dosa justru ketika keberadaan manusia dalam keadaan yang sangat baik. Dalam segi materi, seluruh kebutuhan mereka sudah tersedia di dalam taman Eden, dan juga status Adam dan Hawa adalah makhluk yang termulia dan berkuasa atas ciptaan TUHAN yang lainnya, bahkan mereka juga mempunyai hubungan yang dekat dengan TUHAN pada waktu itu, di mana mereka bisa menikmati kehadiran TUHAN ketika TUHAN Allah datang
menemui mereka di taman Eden.
Tetapi dengan segala kenyamanan dan keistimewaan yang mereka terima dari TUHAN, tidak menjamin bahwa mereka akan terus mau mempertahankan apa yang sudah TUHAN berikan kepada mereka. “Adalah lebih mudah untuk mendapatkan daripada mempertahankan.” Adam dan Hawa akhirnya kehilangan banyak hal yang baik dalam hidup mereka ketika jatuh ke dalam dosa. Mereka gagal mempertahankan hal-hal yang baik yang mereka terima dari TUHAN.
Apa yang menyebabkan kegagalan Adam dan Hawa?
Karena mereka tidak waspada! Mereka tidak waspada terhadap godaan dari Iblis penuh tipu muslihat. Mereka tidak berjaga-jaga terhadap daya tarik dosa yang begitu menggiurkan di depan mata mereka. Mereka tidak berhati-hati dalam bertindak karena mengabaikan larangan TUHAN.

Saudara yang terkasih…

Adalah hal yang sangat bijaksana kalau kita hidup dengan kewaspadaan. Walaupun kita mungkin memiliki kekayaan yang cukup, kekuasaan yang besar ataupun mempunyai banyak relasi, itu semua bukan jaminan bagi kita untuk dapat terus hidup dalam jalan-jalan TUHAN. Perhatikanlah cara hidup kita, apakah hidup kita sesuai dengan kehendak TUHAN, dan teruslah waspada, supaya kita tidak kehilangan hal-hal yang berharga dan yang baik dari TUHAN. (dyonn donny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar