Minggu, 22 Juli 2012

MENJADI BESAR, DIBERKATI DAN MASYHUR

Kejadian 12:1-9

"Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat." 
(Kej  12:2)
Di dalam Alkitab tokoh Abram, atau Abraham sering sekali disebutka n. Ia disebut sebagai orang yang diberkati oleh TUHAN dengan melimpah, bahkan menjadi tokoh yang terkenal juga di dalam agama Islam dan agama Yahudi. Karena itu Abraham disebut juga sebagai "bapa orang percaya".

Bukan secara kebetulan Abraham menjadi orang yang diberkatiTUHAN dengan luarbiasa, karena di dalam diri Abraham ada nilai-nilai yang penting dan berharga sehingga dia menerima berkat-berkat dari Allah.

Apa saja hal-hal berharga dari Abraham yang membuat dia diberkati?
1. Ketaatan
"Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya..." (ayat 4)
Ketika TUHAN memanggil Abram keluar dari tanah kelahirannya, dia dengan taat melakukan apa yang difirmankan TUHAN. Walaupun sebenarnya Abram tidak tahu kemana tujuan perjalanannya. Dia tidak protes, atau berupaya mengajukan beberapa pertanyaan kemana TUHAN akan membawanya. Sikap yang diambil Abram adalah tunduk pada perintah TUHAN tanpa syarat. Dia taat tanpa memikirkan hal-hal yang lain, sebab dia tahu kepada siapa dia taat.

2. Suka  berbagi
 "Abram membawa Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya..." (ayat 5)
Abram rela berbagi dengan orang lain apa yang ada dalam hidupnya, termasuk panggilan dan berkat yang dia terima dari TUHAN. Ia tidak egois atau hanya mau menikmati berkat dari TUHAN sendirian.

3. Ibadah
"Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN...;
...lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN." (ayat 7 & 8)
Di manapun Abram berada, dia selalu mendirikan mezbah bagi TUHAN dan juga memanggil namaTUHAN. Ini menandakan bahwa dia selalu beribadah kepada TUHAN. Dia selalu ingat untuk selalu membangun persekutuan dengan TUHAN lewat ibadah.

Nah, saudaraku yang terkasih...
Apakah anda hidupmu diberkati melimpah oleh TUHAN sama seperti yang dialami oleh Abram?
Kalau mau, milikilah ketaatan, suka berbagi dan selalu beribadah dalam hidupmu, maka berkat TUHAN akan tercurah penuh melimpah di dalam hidupmu.
(Donny Dyonn Wotulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar