Minggu, 22 Juli 2012

KELEMAHAN

Yeremia 17:5-7

“ Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN.”

( Yer 17:5 )

Superman adalah tokoh fiksi superhero yang  banyak dikenal orang. Kekuatannya yang dahsyat, kecepatannya luarbiasa dan kulitnya keras bagaikan baja. Tetapi sehebat apapun Superman, dia mempunyai kelemahan pada batu krypton yang berasal dari planetnya sendiri. Dia menjadi lemah tak berdaya jika batu krypton itu berada di dekatnya. Begitu sering kita melihat kehebatan seseorang betapa kuat, pintar, dan kayanya seseorang. Kita melihat keberhasilan dan prestasi dari seseorang. Kita terlena dengan

semua keberadaan yang baik dan menyenangkan di depan mata kita. Mungkin kita sedang melihat keberadaan orang lain, atau mungkin juga kita sedang melihat keberadaan kita sendiri.
Merupakan suatu bahaya ketika kita hanya melihat sesuatu hanya dari satu hal atau sisi saja. Adalah lebih baik kalau kita dapat memandang sesuatu secara keseluruhan, tidak hanya sebagian-sebagian. Sama halnya dengan cerita mengenai Superman di atas, jika kita hanya melihat terus kehebatannya, kita pasti tidak lagi memperhatikan apa yang menjadi kelemahannya. Kehidupan adalah sesuatu yang harus dilihat secara menyeluruh, yaitu di mana kita dapat menilai dengan jujur bahwa pasti ada kekurangan dan keterbatasan  dalam kehidupan. Walau kita mungkin sekarang telah meraih keberhasilan, tetaplah ingat bahwa ada kelemahan dalam diri kita yang dapat membuat kita hancur dan gagal.
TUHAN juga mengingatkan kita agar jangan mengandalkan segala kehebatan manusia dan semua keberadaan di dalam dunia ini. TUHAN tahu bahwa manusia itu penuh kekurangan dan kelemahan. Dan TUHAN tahu juga bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak kekal dan terbatas. Untuk itulah marilah kita selalu mengandalkan TUHAN dalam kehidupan kita, karena DIA adalah pribadi yang sempurna dan tak terbatas dalam segala hal.
(Donny Dyonn Wotulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar