Follow by Email

Jumat, 11 Januari 2013

MANUSIA: CIPTAAN TERMULIA

Kej 2:1-25
Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan kehormatan.” (Mazmur 8:6 )
    Manusia adalah makhluk yang sangat unik di alam semesta. Ada begitu banyak hal dan keistimewaan yang dimiliki oleh manusia yang tidak dimiliki makhluk lainnya di dunia ini. Ketika Allah menciptakan alam semesta, manusia mendapatkan perlakuan dan perhatian yang khusus dari Allah. Allah mempersiapkan langit dan bumi terlebih dahulu sebelum membentuk manusia, mempersiapkan taman Eden untuk manusia untuk menjadi tempat tinggalnya, memberikan kewenangan dan kuasa atas semua ciptaan TUHAN yang lain. Manusia diberikan kemampuan untuk menjadi pengelola dari alam sekitarnya. Allah juga memberkati manusia untuk memenuhi bumi ini. Ini menunjukkan bahwa Allah membedakan manusia dari semua ciptaan-Nya yang lain. Bahkan Allah sendiri mengambil inisiatif dan tindakan untuk memberikan manusia seorang pendamping yang sepadan dengan dirinya. Sungguh ini menyatakan bahwa manusia adalah makhluk mulia yang selalu mendapat perhatian yang khusus dari Allah.
    Mengapa manusia diperlakukan dengan khusus dan istimewa oleh Allah? Jawabannya adalah karena Allah menjadikan manusia berdasarkan gambar dan rupa Allah (Kej 1:26-27). Ini sangatlah luarbiasa! Segambar dan serupa Allah berarti manusia memiliki kesamaan dari keberadaan Allah. Manusia diberi Allah pikiran, perasaan dan kehendak. Semua ini adalah bagian yang dimiliki oleh Allah. Manusia dapat berpikir, mempunyai perasaan dan mempunyai kehendak dan dapat membangun hubungan.
    Kita adalah ciptaan yang unik, yang mulia dan yang istimewa. Kita dijadikan berdasarkan gambar dan rupa Allah. Ini berarti kita seharusnya menghargai perhatian dan perlakuan Allah pada kita dengan bersyukur. Dan kita juga harus bersikap sepadan dengan keberadaan kita yang mulia, dengan berpikir, bersikap dan bertingkah dengan baik dan mulia.
(Donny Dyonn Wotulo)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar