Minggu, 22 Juli 2012

PENGHALANG PERTUMBUHAN ROHANI

Ibrani 5:11-14

Sebagai orang percaya adalah suatu hal yang wajar jika kita mengalami pertumbuhan dalam kerohanian kita.
Dengan berjalannya waktu, kerohanian kita juga makin hari makin dewasa. Ini sesuai dengan keberadaan setiap makhluk hidup yang ada. Tetapi sayangnya banyak orang yang sudah menerima Tuhan Yesus sebagai TUHAN dan Juru Selamatnya namun tingkat pertumbuhan iman atau rohaninya mandek. Bahkan ada yang sudah lama menjadi kristen, tapi keadaan imannya masih seperti anak kecil.
Ternyata ada beberapa hal yang bisa menghambat seseorang untuk mengalami kedewasaan iman. 
Ini bisa disebut dengan penyakit 3 "P"
1. Pendengaran rohani terganggu
"...karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan...(ayat 11)
Seseorang tidak mengalami perkembangan rohani karena lamban dalam mendengarkan hal-hal rohani.
Sedangkan iman bisa muncul melalui mendengar firman Kristus.(Roma 10:17). Padahal firman Allah adalah makanan utama dalam kehidupan orang percaya.
2. Pencernaan rohani tidak baik
"...kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras..."
Adalah hal yang tidak bisa disangkal yaitu ketika seseorang mengalami perkembangan dalam hidupnya, pasokan makanan juga akan menjadi lebih banyak dan variatif. Ini juga yang akan membuat dia makin bisa menerima berbagai makanan atau asupan yang berbeda. Seorang yang hanya iberi susu sepanjang hidupnya pasti akan mengalami kekurangan gizi. Karena ada berbagai asupan yang dibutuhkan tidak ada terdapat hanya di dalam minuman susu.
Ini berbicara tentang orang-orang yang hanya memilih-milih untuk mendengar firman Allah. Kalau ada firman yang keras untuk menegur atau mendesak dia, pasti dia tidak suka untuk menerimanya. Dia hanya suka mendengar sesuatu yang terdengar baik di telinganya saja."Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya."(2 Timotius 4:2)
3. Pancaindra yang tidak terlatih
"...untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat..."
Hanya anak-anak yang tidak bisa membedakan dengan benar apa yang baik dan tidak baik.
Seorang balita kalau diberi pisau sangat bisa dipastikan bisa melukai diri sendiri dengan pisau tersebut.
Tetapi kalu pisau diberi pada orang dewasa, dia bisa mempergunakan dalam berbagai hal yang baik. Dia bisa mempergunakan untuk keperluan di dapur atau pada hal-hal yang lainnya.
Kita seharusnya bisa tahu manakah kehendak Allah, apa yang baik, dan yang kudus dan berkenan pada Allah (Roma 12:2).
Nah...Saudara-saudaraku yang terkasih...kenalilah penyakit-penyakit yang menghalangi pertumbuhan rohani kita.
Semoga Anda bisa bertumbuh dewasa dan sempurna seperti yang TUHAN kehendaki.
"...sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus..."
Efesus 4:13
(Donny Dyonn Wotulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar