Minggu, 22 Juli 2012

MEMULAI YANG BARU

2 Korintus 5:17;
Kolose 3:10

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

( 2 kor 5:17 )

Pernahkah kita melakukan kesalahan dan kita berharap hal itu tidak pernah terjadi?
Saudara terkasih, Lot juga pernah salah waktu memutuskan berpisah dengan Abraham (Kejadian 13:5-10), mungkin juga kita telah memulai sesuatu dalam kehidupan kita dengah awal yang buruk. Mungkin kita telah salah dalam memutuskan untuk menjalani suatu pekerjaan, menjalin suatu hubungan, ataupun mungkin ketika mengambil keputusan pindah ke suatu tempat.
Kita tidak dapat merubah apapun yang telah terjadi pada masa yang telah berlalu, walau kita terus berharap supaya dapat membuat keputusan-keputusan atau tindakkan-tindakkan yang berbeda dari semua kesalahan-kesalahan yang kita putuskan dan lakukan di masa lampau tersebut. Kita mungkin juga berharap agar kita bisa diberi kesempatan untuk kembali pada masa lampau kita dan mencoba memperbaiki semua kesalahan kita. Itu yang sering muncul dalam pikiran kita ketika mengingat segala kegagalan dan kesalahan yang ada dalam diri kita.


Namun sayangnya kita tidak mungkin dapat merubah sejarah hidup kita. Apa yang sudah berlalu tidak mungkin kembali lagi. Kita tidak boleh terjebak terus-menerus dengan rasa bersalah atas semua yang pernah terjadi dalam kehidupan kita. Tetap kita dapat melakukan hal-hal yang lebih baik dengan memulai melakukan sesuatu yang baru, dengan pertimbangan, pemikiran dan harapan yang lebih baik dan membuat akhir yang baik pula.

Kita mungkin terlalu sukar untuk memulai yang baru, dan ingin bertahan dengan sesuatu yang terlanjur akrab dengan kita, kita mungkin akan terluka karena mencoba melupakan hal-hal yang selama ini membuat kita nyaman. Tapi kita bisa meninggalkan masa lalu kita dan melihat ke masa depan melalui pengharapan yang diberikan TUHAN bagi kita.

Lihatlah ke depan, belajar dari masa lalu dan kemudian membiarkannya pergi. TUHAN memberi kita pengalaman yang berharga di setiap masa lalu kita. Allah mengatakan kepada kita untuk menjadi "manusia baru". 
(Donny Dyonn Wotulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar