Senin, 17 September 2012

SAHABAT ALLAH

 

Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah."
Yakobus 2:23
Kejadian 12:1-9
Salah satu tokoh yang banyak disebut dalam Alkitab adalah Abraham. Bahkan Tuhan Yesus beberapa kali menyebutkan nama Abraham. Dia diberi gelar sebagai bapa orang percaya dan juga disebut sebagai Sahabat ALLAH
Mengapa Abraham begitu dihargai sedemikian?
1) Ayat 1-4 Karena Abraham “menanggapi panggilan ALLAH”.
Abraham mempunyai panggilan illahi, ini adalah modal rohani yang sangat berharga. Banyak sekali orang yang telah dipanggil oleh ALLAH tetapi sayang sekali tidak meresponinya. Padahal kalau ALLAH memanggil kita, pasti ALLAH melengkapi panggilanNYA dengan berkat dan segala sesuatu yang kita perlukan.
2) Ayat 5 Karena Abraham “tidak mementingkan diri sendiri”.
Ketika mendapat panggilan ALLAH, Abraham tahu bahwa kehidupanya telah mengalami perubahan, karena sekarang memiliki janji dan berkat dari TUHAN. Tetapi dia tidak mau menikmati berkat dari TUHAN sendirian, melainkan dia mau berbagi dengan orang lain. Itulah sebabnya dia mengajak juga keluarga dan keponakanya Lot. Sifat yang mau memperhatikan orang lain inilah yang membuat Abraham dikenal juga dengan Juru Syafaat, karena mau berdoa untuk Sodom
dan Gomora yang akan dihukum TUHAN.
3) Ayat 7-9 Karena Abraham “selalu beribadah “.
Abraham sangat suka mendirikan mezbah bagi TUHAN, yang artinya mengadakan ibadah. Ini adalah tanda bahwa dia punya persekutuan yang akrab dengan TUHAN.
Orang yang selalu berada dalam hadirat TUHAN senatiasa menerima kasih saying dan tentu saja berkat dan rahmat yang melimpah.
Kita adalah keturunan Abraham lewat iman kepada Yesus Kristus, artinya segala janji dan berkat Abraham adalah milik kita juga. Mari kita raih semua janji dan berkat ALLAH untuk kita. Mari kita menerima semuanya dengan mengambil teladan Abraham yang menanggapi panggilan ALLAH, tidak mementingkan diri sendiri dan selalu bersekutu dengan TUHAN.
AMIN.
TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA.
(Donny Dyonn Wotulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar