Minggu, 22 Juli 2012

BELAJAR DARI DOMBA

Domba-dombaku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,”
(Yoh 10:27 )
TUHAN sering dilukiskan sebagai Gembala Agung yang selalu menyatakan pemeliharaanNya yang penuh kasih dan rahmat pada domba-dombaNya, yaitu umatNya. Namun sayangnya sekarang ada banyak yang mengaku sebagai orang percaya tetapi dari kehidupannya tidak nampak berkat-berkat pemeliharaan dari TUHAN. Keadaan mereka bagaikan domba liar tanpa gembala yang tidak terurus, menyedihkan dan mudah menjadi korban dari incaran pemangsa. Renungan hari ini mengajarkan pada kita bagaimana menjadi umat gembalaan TUHAN yang baik, agar berkat TUHAN menjadi bagian dalam kehidupan kita
1. Mendengar suara TUHAN
"Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku…”
Domba-domba hanya mengikuti suara dari gembala mereka. Mereka tidak mau mengikuti suara dari orang asing. Bagi umat TUHAN, suara TUHAN adalah firman TUHAN, yang diterima dalam Alkitab, khotbah-khotbah, dari hamba-hamba TUHAN, ataupun dinyatakan langsung dari TUHAN. Orang percaya pasti mau dan mendengar firman TUHAN.
2. Akrab dengan TUHAN
"dan Aku mengenal mereka…” Gembala sangat mengenal domba-dombanya, demikian pula sebaliknya. Ini menandakan adanya suatu hubungan yang terbentuk antara gembala dengan domba-dombanya. Kebersamaan yang terjalin erat dengan seseorang membuat kita lebih mengenalnya dan ia juga sebaliknya akan lebih mengenal kita. Demikian pula dengan orang percaya mutlak perlu membangun keakraban dengan TUHAN.
3. Mengikuti TUHAN
"....mereka mengikut Aku,” Ke manapun dan di manapun gembala berada, domba-domba selalu mengikutinya. Umat TUHAN juga harus mengikuti TUHAN dengan taat setiap saat. Orang percaya harus mengambil tindakkan sesuai dengan perintah-perintah TUHAN. Ini menunjukkan bahwa teladan yang diajarkan dan dilakukan oleh Tuhan Yesus harus diterapkan atau diikuti dalam kehidupan kita sehari-hari.
Saudara yang terkasih, marilah kita menjadi umat TUHAN yang baik dengan selalu mendengar suaraNya, akrab denganNya dan taat mengikuti setiap kehendakNya sehingga berkat-Nya akan selalu tercurah pada kita.(donny dyonn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar